Wednesday 16 October 2013
0 comments

Jaringan LAN (Local Area Network)

22:56

Jaringan LAN (Local Area Network)

LAN adalah singkatan kata dari Local Area Network yang berarti Jaringan Wilayah lokal. Definisi lengkapnya adalah Suatu jaringan komputer yang mencakup area yang kecil atau lokal. So, LAN adalah jaringan komputer yang sering digunakan di suatu tempat yang kecil seperti sekolahan, kampus gedung dan lain". Saat ini, kebanyakan LAN berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan switch yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100 atau 1000 Mbps. Selain menggunakan 802.3, LAN juga sering mengguakan terknologi 802.11b atau sering disebut wi-fi, dan biasanya di aplikasikan pada hotspot.

Sebuah LAN, setiap nodenya atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

LAN mempunyai karakteristik yang berbeda dengan WAN sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data lebih tinggi
2. Meliputi wilayah yang lebih kecil
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

Dalam LAN biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan berfungsi sebagai server yang mengatur semu sisttem di dalam jaringan tersebut.

Nah, sebelum kita melangkah jauh, lebih baik mengenal sejarah dari LAN terlebih dahulu. Peningkatan permintaan dan penggunaan komputer di universitas dan laboratorium riset pada akhir tahun 1960an membutuhkan tersedianya interkoneksi kecepatan tinggi antar sistem komputer. Sebuah laporan dari Lawrence Radiation Laboratory pada tahun 1970 menjelaskan pertumbuhan jaringan Octopus mereka memberikan indikasi situasi yang bagus.

Cambridge Ring dibangun di Universitas Cambridge pada tahun 1974 namun tidak sukses sampai ke tahap produk komersial.

Ethernet dibangun di Xerox PARC tahun 1973 - 1975 dan dipatenkan di Amerika (U.S. Patent 4.063.220). Pada tahun berikutnya setelah sistem selesai dibangun di PARC, Metcalfe dan Boggs mengumumkan makalah "Ethernet: Distributed Packet-Switching For Local Computer Networks."

ARCNET dibangun oleh perusahaan Datapoint pada tahun 1976 dan diumumkan tahun 1977. Itu adalah instalasi komersial pertama dibuka pada bulan Desember 1977 di Chase Manhattan Bank New York.

Hardware yang dibutuhkan dalam Sebuah LAN adalah sebagai berikut :
1. Kabel
Ada beberapa macem kabel yang digunakan untuk medium jaringan dalam pembangunan sebuah LAN, diantaranya sebagi berikut:
  • Kebel STP. Kabel STP terdiri dari 4 pasang kabel terpilin yang dibungkus dan mempunyao kecepatan transfer 10/100 Mbps dengan panjang maksimum 100 meter dan konektor yang digunakan adalah RJ45
  • Kabel UTP. Kabel UTP sama dengan kabel STP, cuman kabel yang terpilin tidak terbungkus dan kabel inilah yang sering digunakan untuk medium jaringan, sebab harganya murah.
  • Kabel Koaksial. Kabel koaksial terdiri dari sebuah kabel atau kawat inti yang diselubungi oleh kabel seperti jala medium jenis ini menggunakan konektor BNC. Karakter dari kabel ini adalah kecepatan transfer data maksimal 10 Mbps, sering digunakan untuk Thick Ethernet Thin Ethernet dan ARCnet, digunakan di topologi bus dan panjang maksimum sekitar 500 meter
  • Kabel Fiber Optik. Kebel jenis mempunyai kelebihan dibandingkan kabel lain yaitu kecepatan transfer data lebih dari 100 Mbps dan panjang maksimum lebih dari 200 meter. Namun kabel jenis ini relatif mahal.
2. NIC (Network Interface Card)
NIC adalah seperangkat papan sirkuit atau pcb yang ditancapkan di Mainboard pada sebuah PC yang berfungsi untuk menguhubungkan komputer dengan medium jaringan. Pada sebuah laptop atau Notebook kartu ini biasa disebut dengan PCMC IA Card

3. Hub
Hub merupakan perangkat yang banyak digunakan dalam topologi star, Hub bertindak sebagai pusat/consentrator dalam jaringan dan akan selalu menerima dan mengirimkan data ke semua client.

4. Swicth
Switch merupakan perangkat hasil pengembangan dari hub. namun switch memiliki kemampuan untuk menentukan arah tujuan komputer untuk data yang diterimanya.

5. Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal jaringan ketika mencapai jarak yang sangat jauh. Dengan demikian, sinyal yang tadinya lemah dapat diperkuat kembali dan disalurkan ke tempat lain sehingga dapat menjangkau area yang sangat luas. Repeater sendiri adalah nama lain dari switch yang di fungsikan agar sinyal tetap kuat.

6. Bridge
Bridge merupakan perangkat yang berfungsi sebagai perangkat yang menghubungkan satu segmen jaringan dengan segmen jaringan yang lain dan ummnya, bridge meneruskan dan mengirimkan data kepada client yang mencapai tujuan.

7. Router
Router memiliki fungsi yang sama dengan bridge namun router memiliki kemampuan lain yaitu  dapat menentukan keputusan rutte terbaik yang harus ditempuh data, sehingga data dapat sampai di tujuan dengan lebih cepat.

Itulah yang bisa Ane sampaikan. Mungkin ada yang salah maupun kurang silahkan untuk berkomentar. Oke makasih sob udah disimak.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top