Monday 14 October 2013
0 comments

Membuat Web Server di Ubuntu 10.08

06:56

Membuat Web Server di Ubuntu

Dalam artikel yang satu ini, Ane akan membahas tentang linux ubuntu. Tutorial ini Ane tulis beradasarkan pengalaman yang telah ane lakukan kemarin. Tema yang akan Ane bahas adalah membahas tentang Membuat Web Server di Ubuntu. Oke kita langsung ke pembahasannya, ohya teman, linux ubuntunya harus terkoneksi internet dulu ya. 

Oke, Wajib punya dan Linux sudah terinstall dan wajib terkoneksi internet. "Kok harus terkoneksi internet ??" Iya, sebab ini tidak menggunakan OS khusus Server tapi OS khusus PC, jadi kita harus terkoneksi internet.
1. Pertama, aktifkan linux ubuntunya.
2. Masuk ke terminal dan masuk ke root, dengan ketikan perintah "sudo su" (tanpa tanda petik). Perintah tersebut merupakan perintah untuk masuk ke root. Anda akan diperintahkan untuk memasukan password root anda.
3. Langkah ke 3, Install APACHE. Apache ini akan berfungsi sebagai web servernya. Untuk Install Apache, ketikan perintah "sudo apt-get install apache2"
Install APACHE. Apache ini akan berfungsi sebagai web servernya. Untuk Install Apache, ketikan perintah "sudo apt-get install apache2"

Tunggu prosesnya sampai selesai, jika ada pemberitahuan untuk melanjut peng-installan maka ketikan perintah "Y"

Tunggu prosesnya sampai selesai, jika ada pemberitahuan untuk melanjut peng-installan maka ketikan perintah "Y"
Dan tunggu hingga proses download selesai. Lalu bukalah browser dan ketikan "http://Localhost/ ", jika berhasil akan menampilakan seperi di bawah
ketikan "http://Localhost/ ", jika berhasil akan menampilakan seperi di bawah

Kembali ke terminal dan restart apache dengan ketikan perintah "sudo /etc/linit.d/apache2 restart"

ketikan perintah "sudo /etc/linit.d/apache2 restart"
4. Langkah keempatt adalah Install Mysql-server. Mysql Server berfungsi sebagi database server dari sebuah web server. Untuk Install Mysql-server ketikan perintah "sudo apt-get install mysql-server"
Install Mysql-server. Mysql Server berfungsi sebagi database server dari sebuah web server. Untuk Install Mysql-server ketikan perintah "sudo apt-get install mysql-server"
Kemudian lanjutkan dengan ketikan perintah "Y" untuk melanjutkan proses instalasi.
Kemudian lanjutkan dengan ketikan perintah "Y" untuk melanjutkan proses instalasi
tunggu sampai proses download kelar.
download kelar.

5. Langkah yang ke 5 adalah Install PHP. PHP ini akan berfungsi sebagai php yang akan digunakan oleh Apache yang telah kita install tadi. Untuk Install php, ketikan perintah "Sudo apt-get install php5"
Lalu konfirmasikan dengan ketikan perintah "Y"
konfirmasikan dengan ketikan perintah "Y"
dan tunggu hingga proses download selesai.
proses download selesai.
6. Langkah selanjutnya setelah install Php adalah Install Mysql untuk Apache. Untuk menginstall Mysql untuk Apache dengan ketikan perintah "sudo apt-get install libapache2-mod-auth-mysql" 
Ketikan "Y" dan tunggu sampai proses download selesai.
7. Langkah berikutnya adalah Install php untuk mysql. Install tersebut dengan ketikan perintah "sudo apt-get install php5-mysql".
8. Untuk langkah yang terakhir adalah install phpmyadmin. Install dengan ketikan perintah "sudo apt-get install phpmyadmin"

setalah penginstalan sudah kelar semuanya, web server sudah dapat di operasikan. Nah, mudah kan sob. Cukup disini saja, mungkin kurang lebihnya Ane memohon maaf sebesar-besar dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer
Top