Wednesday 18 September 2013
One comments

OPPO Find Muse R821, Dual Core Kelas Menengah Berlayar Premium

22:29
Oppo merupakan vendor asal Cina yang belum lama menginjakkan kakinya di Indonesia. Meskipun baru, Oppo gencar menghadirkan produk terbarunya seperti produk satu ini yang dinamakan Oppo Find Muse R821. Smartphone Android untuk kelas menengah ke bawah ini menawarkan spesifikasi yang cukup menarik dengan banderol harga miring.

Walaupun merupakan smartphone untuk kelas menengah, Oppo Find Muse menggunakan layar kualitas premium dengan LCD IPS. Mengandalkan prosesor dual core dengan kecepatan 1,2 Ghz, ponsel ini juga hadir dengan dua buah slot sim card. Satu slot sim card biasa (mini Sim card) dan satunya lagi slot micro sim card. Berbanderol harga di kisaran Rp 1,7 juta, produk buatan Oppo ini tampaknya siap disejajarkan dengan produk branded yang telah hadir lebih dulu.

Desain

Dimensi: 123 x 63.5 x 9.9 mm, 124.5 gram; full touchscreen; port audio 3.5mm; tombol power/lock, pengatur volume suara; lubang mic; port microUSB

Mengusung desain ergonomik dengan balutan putih dominan, smartphone yang memberi kesan premium ini memiliki lekukan disemua sudutnya. Artinya genggaman akan terasa melekat secara penuh.
Tombol yang biasanya pada kebanyakan smartphone berbentuk menonjol, Find Muse justru sangat berbeda dengan tombol lekukan borderless pada frame tengah. Bezel metalik dengan kombinasi warna putih disekeliling body terlihat menawan buat Anda yang sudah bosan dengan warna hitam.



Display

Layar sentuh IPS LCD kapasitif, 16 juta warna, 480 x 800 pixels, 4.0 inci (~233.2 ppi pixel density), multi touch

Ukuran layar 4 inci pasti pas buat Anda yang tidak terlalu suka ukuran layar terlalu besar atau terlalu kecil. Seperti halnya perangkat Android lain, bagian depan Oppo Find Muse menyediakan 3 tombol virtual yaitu back, home dan setting tampilan. Setting tampilan ini memudahkan Anda untuk langsung melakukan kustomisasi saat jenuh dengan tampilan yang ada.
Meski ponsel untuk kelas menengah, namun layar Oppo Find Muse dapat menampilkan sajian dengan kualitas tinggi dengan kecerahan, ketajaman serta saturasi yang baik. Tidak hanya itu, layarnya juga sangat responsif saat disentuh jari pengguna.



Sistem Operasi dan UI

Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)

Oppo Find Muse sudah dijejali versi terbaru Android dengan balutan UI khas Oppo. Halaman utama layar menyajikan informasi jam dan tanggal dibagian atas, kemudian Google Search tepat berada dibawahnya. Pengujian Google Search dengan suara lumayan menarik.
Untuk mengaktifkan layar pengguna cukup mengusap layar secara vertikal. Homescreen secara default terdiri dari 4 shortcut menu aplikasi yaitu contact, kamera, Play Store dan musik player. Sedangkan shortcut dibawahnya menyediakan menu telpon, messagge, browser chrome dan aplikasi.
Untuk pengaturan tampilan tersedia widget, wallpaper, effect dan theme. Yang menarik adalah adanya aplikasi NearMe yang menyediakan NearMe Themes, NearMe Wallpaper, NearMe Sync dan NearMe Apps yang menyediakan pilihan gratis untuk didownload.
OPPO Find Muse ini juga mengusung fitur Smart Sleep, yang jika diaktifkan membuat perangkat Anda tidak akan mengunci pada saat mata memandang layar dan sebaliknya bila mata berpaling dari layar, layar akan mati secara otomatis.



Hardware dan Benchmark

Dual-core 1.2 GHz ARM Cortex-A7 chipset, GPU: Mali 400; RAM: 512 MB, Internal Storage: 4GB, external: up to 32GB , baterai Li-Ion 1700 mAh

Dengan adanya chipset dual core besutan ARM, Oppo Find Muse rasanya sudah mampu memenuhi apa yang diharapkan hadir pada sebuah smartphone. Artinya kebutuhan multimedia dan keperluan kantoran seperti email dan membuka dokumen tidak akan menemui masalah.
Dari 4 GB memori internal yang disediakan, pengguna hanya dapat memanfaatkan sekitar 1.5 GB sementara sisinya telah digunakan untuk sistem dan aplikasi bawaan. Untuk sebagian besar pengguna jumlah tersebut tentu saja kurang sehingga diperlukan tambahan memori eksternal melalui kartu microSD.
Dari hasil uji aplikasi benchmark, Oppo Find Muse berada dalam posisi 20 besar yang tidak mengecewakan.



Konektifitas

GSM (850/900/1800/1900); HSDPA 900/2100; GPRS Up to 86 kbps, EDGE Up to 237 kbps, HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, FTP, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP

Bersaing di kelas mid-low, Oppo Find Muse dibekali konektifitas yang hampir lengkap. Untuk terhubung ke internet pengguna bisa memanfaatkan jalur data operator kecepatan tinggi HSDPA atau WiFi ketika berada di wilayah cakupan hotspot.
Meskipun tidak dibekali NFC namun DLNA dan FTP rasanya sudah memberi kepuasan tersendiri. Dengan adanya FTP, Anda dapat melihat isi ponsel PC/laptop lewat jaringan WiFi. Sedangkan DLNA membuat Anda dapat menjalankan file multimedia di perangkat lain seperti TV atau perangkat lainnya.



Kamera

3.2 MP, 2048?1536 pixels, autofocus, LED flash; Geo-tagging, HDR, panorama, face detection; Perekam video; Kamera sekunder : VGA

Wajar bila harga yang dibanderol membuat smartphone ini diberi kamera 3,2 megapiksel. Namun jangan salah, hasil fotonya dapat diandalkan untuk mengabadikan momen penting dengan lebih leluasa.
Selain menyediakan fitur geo-tagging, kamera smartphone ini menyediakan pilihan menu pengambilan gambar dalam mode rewind, normal, sport, night, sunset dan panorama. Tidak hanya itu, bila Anda ingin berkreasi sudah tersedia mode pemotretan dengan efek pilihan mulai dari swollen face, pointed chin, big nose, cat face, mirror, fisheye, defocus hingga tunnel.


Kelebihan
Kinerja bagus
Desain menarik
Android Jellybean
Dual sim card

Kekurangan
Memori internal kecil

Kesimpulan
Bila dibandingkan dengan ponsel branded lainnya, banderol harga Rp.1,7 juta bisa dikatakan murah untuk ponsel kelas menengah. Artinya Oppo Find Muse mampu menawarkan sesuatu yang melebihi kelas harga. Dukungan dual sim card dengan sim card biasa dan micro sim card membuat ponsel ini menjadi pilihan menarik buat Anda yang membutuhkan lebih dari satu kartu.
Desain ergonomik dengan lekukan yang menawan menjadikannya berbeda dari merek lain. Selain itu konektifitas yang disediakan juga lumayan menarik untuk dijadikan pilihan.

1 comments:

  1. Thanks for sharing this information with us. I am a big fan of reading, thanks for sharing this wonderful information.
    Sony - Geek Squad Certified Refurbished 24" Touch-Screen All-In-One Computer - 8GB Memory

    ReplyDelete

 
Toggle Footer
Top